Olahraga

Bos MGPA: Sirkuit Mandalika akan Diperbaiki untuk Balap Mobil

Sabtu, 18 Maret 2023 - 14:39
Bos MGPA: Sirkuit Mandalika akan Diperbaiki untuk Balap Mobil Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi tuan rumah balap mobil dalam waktu dekat.(Foto: Humas MGPA)

TIMES BLITAR, MATARAMSirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah balap mobil dalam waktu satu atau dua bulan mendatang. Untuk itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan melakukan perbaikan pada sirkuit tersebut agar memenuhi syarat homologasi grade B yang disyaratkan oleh FIA.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menyampaikan bahwa perbaikan yang dilakukan di Sirkuit Mandalika mencakup beberapa hal, antara lain perbaikan susunan Tyre Barrier, penyesuaian garis start, penyesuaian dinding servis road, penambahan track-limit, dan beberapa hal lainnya seperti polisi tidur. 

"Namun, semua perbaikan pada Sirkuit Mandalika dipastikan tidak akan mengganggu balapan lainnya seperti balap motor atau yang lainnya," kata Priandhi Satria, Sabtu (18/3/2023).

Menurut Priandhi, Sirkuit Mandalika akan melakukan komunikasi dengan semua penyelenggara balap mobil nasional maupun internasional setelah perubahan selesai dilakukan. Hal ini dilakukan agar semua pihak dapat mempersiapkan diri dan balap mobil berjalan dengan baik.

Perubahan pada Sirkuit Mandalika dilakukan untuk memenuhi persyaratan homologasi grade B yang disyaratkan oleh FIA. Homologasi grade B ini diperlukan untuk mengadakan acara olahraga motor roda empat yang melibatkan mobil grup D dan E dengan rasio berat/daya antara 1 dan 2 kg/hp.

"ini mencakup sebagian besar kategori mobil sport, mobil GT, mobil touring, dan kursi tunggal, sementara untuk grade 1 hanya untuk F1," paparnya.

Semua perubahan pada Sirkuit Mandalika akan dilakukan dalam waktu satu atau dua bulan mendatang. MGPA akan memastikan bahwa semua perubahan dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu balapan lainnya dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan.

"Untuk perbaikan sirkuit ini tentunya MGPA mendapat izin atau persetujuan dari FIA maupun FIM. Jadi ini tidak akan mengganggu kegiatan balap motor seperti MotoGP, WSBK mandalika, hingga balap mobil di Sikruit Mandalika," ucap Priandhi Satria. (*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.