https://blitar.times.co.id/
Berita

Momen Bahagia Jamaah Haji Tertua Kabupaten Blitar Bertemu Menko PMK di Tanah Suci

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:48
Momen Bahagia Jamaah Haji Tertua Kabupaten Blitar Bertemu Menko PMK di Tanah Suci Menko PMK Muhajir Effendy saat bertemu dengan Kakek Rustam (Foto : Tangkapan layar video petugas haji Kabupaten Blitar)

TIMES BLITAR, BLITAR – Kabar bahagia datang dari jamaah haji tertua asal Kabupaten Blitar Rustam (98). Jamaah haji asal Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar itu berkesempatan bertemu dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Madinah.

Momen saat Kakek Rustam bertemu Muhajir Effendy tersebut terekam dalam video berdurasi pendek yang dibagikan oleh petugas haji kelompok terbang 12 Kabupaten Blitar. 

Syaikhul Munib Kapala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kabupaten Blitar mengatakan, Menko PMK Muhajir Effendy menyambangi hotel tempat menginap kloter 12.  Begitu mengetahui ada jamaah dengan usia 98 tahun, Muhajir langsung menghampirinya dan memberi semangat. 

"Jadi pada hari Minggu 4 Juni lalu, Menko PMK Pak Muhajir menyambangi hotel tempat kloter 12 menginap. Nah, disitu kebetulan ada Mbah Rustam. Begitu tahu Mbah Rustam ini jamaah haji tertua asal Kabupaten Blitar, Pak Muhajir langsung memberikan semangat. Mereka juga terlihat bercanda berdua," kata Munib, Selasa (6/6/2023).

Dia menambahkan, Menko PMK Muhajir Effendy saat itu memang tengah memantau kondisi jamaah haji asal Indonesia secara keseluruhan. 

Selain memberi semangat kepada Kakek Rustam, Muhajir juga memberi pesan kepada  jamaah haji Kabupaten Blitar agar ikut menjaga Kakek Rustam. Serta menjaga kesehatan masing-masing karena cuaca panas yang mencapai 40 derajat. 

"Pak Menko PMK juga berpesan agar semua jamaah haji menjaga kesehatan. Karena suhu di sini bisa mencapai 40 bahkan 41 derajat," terangnya. 

Kakek Rustam adalah jamaah haji tertua asal Kabupaten Blitar. Tahun ini usianya sudah menyentuh angka 98 tahun .

Meski hampir berusia seabad, namun kondisi Kakek Rustam masih tetap prima dalam  mengikuti serangkaian ibadah haji. Bahkan Kakek Rustam pernah baik tangga manual ke lantai 9 hotel saat lift dalam kondisi penuh. 

Untuk diketahui, selain kondisi Kakek Rustam, seluruh jamaah haji asal Kabupaten Blitar dipastikan sehat. Meski mayoritas lansia dan ada yang harus menggunakan kursi roda.(*)

Pewarta : Nur Al Ana (MG-457)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.