https://blitar.times.co.id/
Berita

Bupati Blitar Dorong Kepala Sekolah Tingkatkan Produktivitas Kinerja 

Selasa, 04 Oktober 2022 - 14:51
Bupati Blitar Dorong Kepala Sekolah Tingkatkan Produktivitas Kinerja  Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pendidikan di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Selasa (4/10/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMES BLITAR, BLITARBupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Rapat Koordinasi Pendidikan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Selasa (4/10/2022). Dalam kesempatan itu, Bupati yang akrab disapa Mak Rini itu menginstruksikan seluruh kepala Sekolah selaku  pelaksana unit pelayanan daerah harus meningkatkan produktifitas kinerja. Yakni dengan melaksanakan 6 hari kerja mulai Senin sampai dengan Sabtu dengan ikhlas memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Menurutnya, hal itu selaras dengan Panca Bhakti Bupati dan Wakil Bupati Blitar yang pertama yakni Jaminan Pendidikan Masyarakat Desa. 

peserta-Rapat-Koordinasi-Pendidikan.jpgBupati Blitar berfoto bersama peserta Rapat Koordinasi Pendidikan di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Selasa (4/10/2022). (FOTO: Sholeh/Times Indonesia)

Selain itu peran pengawas sebagai mitra kerja sekolah harus betul-betul melaksanakan tugas dan fungsinya menjadi konsultan sekolah di dalam melaksanakan kurikulum merdeka. sehingga, ia katakan, tingkat capaian plafon merdeka mengajar  (PMM) Kabupaten Blitar  mengalami kenaikan  yang signifikan. 

"Saya berpesan, jangan sampai capaian  PMM Kabupaten Blitar berada di tingkat bawah padahal semua sekolah sudah memilih menjadi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)," jelasnya.

Selain itu, Menurut Mak Rini, salah satu percepatan peningkatan mutu pendidikan adalah dengan digitalisasi pendidikan. Setiap sekolah harus mengubah mindset jika teknologi  harus mempermudah sekolah untuk meningkatkan pelayanan  pendidikan. Maka Digitalisasi pendidikan harus segera dilaksanakan. 

"Saya ingin semua lembaga sekolah menjadi pelopor pelaksanaan digitalisasi  pendidikan sehingga percepatan pelayanan pendidikan segera terwujud," tambahnya.

Mak Rini menjelaskan, salah satu digitalisasi pendidikan yaitu pelaksanaan absensi digital. Ia menilai, absensi digital disamping menjadi salah satu item pelaksanaan digitalisasi pendidikan juga akan menjadi  tolok ukur untuk meningkatkan  kinerja para peraga pendidikan dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Langkah ini berfungsi  mencegah  korupsi waktu yang  dilakukan oleh para tenaga pendidik  dan tenaga kependidikan," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Mak Rini juga mengapresiasi kurikulum merdeka yang menjadi pilihan hampir 100 persen sekolah di Kabupaten Blitar. Baginya, Hal itu menunjukkan Kabupaten Blitar siap berubah menuju ke IKM secara Mandiri. Sehingga, harapannya, sekolah bisa menuntaskan 3 dosa besar pendidikan yaitu Perundungan, Intoleransi, dan juga  pelecehan seksual. 

"Kepala Sekolah dan guru harus berperan untuk menjadi pemimpin pembelajaran, bukan hanya sekedar menjadi pentransfer ilmu tetapi yang bisa menuntun anak untuk mencapai kodratnya sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara," tegasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.