Wisata

Pelaku Usaha di Makam Bung Karno Blitar Bagikan Ratusan Ketupat ke Pengunjung

Jumat, 21 Mei 2021 - 18:58
Pelaku Usaha di Makam Bung Karno Blitar Bagikan Ratusan Ketupat ke Pengunjung Pelaku usaha dan masyarakat sekitar Makam Bung Karno membagikan ketupat gratis kepada tukang becak dan wisatawan, Jumat (21/5/2021).(Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMES BLITAR, BLITAR – Pelaku usaha dan masyarakat sekitar Makam Bung Karno, Kota Blitar kompak membagikan ketupat gratis kepada tukang becak dan wisatawan, Jumat (21/5/2021).

Tak tanggung-tanggung, total olahan ketupat yang dibagikan kepada tukang becak dan wisatawan itu mencapai 700 porsi lebih.

Heru Santoso, Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar mengatakan,  kegiatan tersebut diinisiasi oleh para pelaku usaha yang berada di sepanjang area city walk Makam Bung Karno dan dibantu oleh warga lingkungan sekitar. 

"Ini adalah wujud kepedulian para pelaku usaha dan masyarakat sekitaran Makam Bung Karno terhadap tukang becak dan pengunjung Makam Bung Karno," urainya. 

Heru mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para pelaku usaha dan masyarakat tersebut. Meskipun sederhana, namun menurutnya, hal itu sangat luar biasa. sebab mayoritas masyarakat sekitar menggantungkan nasib dengan cara berdagang. 

"Tetapi justru mereka kompak untuk berbagi, meskipun situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini pastinya pengunjung sepi dan penghasilan menurun," jelasnya. 

Heru menegaskan, panitia melaksanakan kegiatan tersebut dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya ialah dengan tidak menempatkan semua ketupat di satu lokasi saja, tetapi membaginya di beberapa meja dengan tujuan memberi jarak dan menghindari kerumunan. 

"Ini adalah agenda pertama dalam rangka peringatan Hari Raya Ketupat. melihat antusias pengunjung yang tinggi, insyaallah akan kami kembangkan dilaksanakan setiap tahun," urai Heru. 

Panitia pembagian ketupat gratis Mujoko menambahkan, tidak ada paksaan bagi pelaku usaha dan masyarakat sekitar Makam Bung Karno untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan itu berjalan karena kesadaran oleh masing-masing personal.

"Kamipun tidak menentukan berapa porsi yang harus disediakan oleh masing-masing peserta. Peserta bebas menyediakan berapapun," jelasnya.

Menurut Mujoko, yang terpenting dari kegiatan itu adalah kesadaran untuk berbagai dengan ikhlas sehingga mendapatkan pahala dan keberkahan Allah SWT. Meskipun, penghasilan menurun akibat pandemi.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadi wujud syukur kami atas nikmat yang telah dilimpahkan Allah SWT kepada kami semuanya," harapnya terkait bagi-bagi ketupat di Makam Bung Karno, Kota Blitar. (*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.