Wisata

Tiga Destinasi Wisata Ngetop di Sekitar Sirkuit MXGP Samota Sumbawa

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:26
Tiga Destinasi Wisata Ngetop di Sekitar Sirkuit MXGP Samota Sumbawa Jembatan Samota menjadi salah satu ikon dan tempat wisata di Sumbawa, yang lokasinya tidak jauh dari Sirkuit MXGP Samota. (FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMES BLITAR, SUMBAWA – Inilah tiga destinasi wisata yang berada di dekat kawasan Rocket Motor Circuit MXGP Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gelaran MXGP Samota 2022 memasuki hari terakhirnya. Balapan pamungkas kejuaraan dunia motocross itu dilaksanakan, pada Minggu (26/6/2022).

Kawasan Rocket Motor Circuit MXGP Samota, kini menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sumbawa dengan keindahan alamnya.

Destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa tidak hanya Sirkuit MXGP Samota saja, masih banyak tempat wisata yang cocok untuk berfoto, atau hanya untuk melepas penat selama bekerja.

Mengingat Kabupaten yang berada di Provinsi NTB ini memiliki berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga religi. Apalagi sebagian besar tempat wisata yang tersedia masih terjaga kelestariannya.

Jika anda memiliki rencana berlibur ke Kabupaten Sumbawa, Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan tempat yang indah untuk berlibur. 

Berikut deretan destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa yang wajib anda kunjungi.

1. Jembatan Samota

Jembatan Samota dibangun di atas sungai Brang Biji dengan panjang 240 meter dan lebar tujuh meter. Jembatan Samota merupakan jembatan pertama yang menggunakan teknologi struktur plengkung di Pulau Sumbawa. 

Selain berfungsi sebagai infrastruktur penghubung Simpang Jalan Negara (SJN) Garuda dengan Tanjung Menangis, jembatan ini juga menjadi salah satu ikon dan menjadi tempat wisata di Sumbawa.

Kawasan Samota inilah yang dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan event MXGP of Indonesia 2022.

2. Pantai Goa

Pantai-Goa.jpgPantai Goa merupaka salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa dengan panorama yang indah.(FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

Destinasi wisata Pantai Goa terletak Jalan Labu Punti, Karang Dima, Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa.

Di Pantai Goa pengunjung bisa menikmati pemandangan ke laut lepas serta mengunjungi goa kecil yang ada dekat pantai tersebut dan juga menikmati kuliner ikan bakar yang ramai dijajakan di warung-warung makan.

Salah satu kelebihan Pantai Goa, yaitu kegiatan memancing. Pengunjung atau wisatawan bisa menghabiskan waktu bersantai dengan memancing. Terbukti ini menjadi magnet tersendiri Pantai Goa karena tidak ada batasan waktu maupun jumlah ikan yang didapat.

3. Istana Dalam Loka

Istana-Dalam-Loka.jpgIstana Dalam Loka merupakan saksi sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kesultanan Sumbawa.(FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

Istana Dalam Loka dibangun pada tahun 1885. Pembangunan bangunan yang berarti istana tua ini diprakarsai Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III ketika menjadi Sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa.

Istana Dalam Loka berbentuk rumah panggung dengan luas bangunan 904 M2. Dibangun dengan sistem baji, bangunan ini memiliki tingkat kelenturan yang tinggi apabila terjadi gempa bumi.

Awalnya, Istana Dalam Loka berfungsi sebagai kediaman raja. Fungsi itu berubah sejak dibangunnya istana baru pada tahun 1932. Kini, Dalam Loka berfungsi menjadi cagar budaya yang mengingatkan jika dahulu pernah berdiri Kesultanan Sumbawa 

Demikian beberapa destinasi wisata selain Sirkuit MXGP Samota yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan orang tercinta di Sumbawa. Ada hal yang harus anda perhatikan seperti selalu menjaga kesehatan dan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Selamat berlibur. (*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.