Wisata

Menjajal Eksotisme Gunung Kelud Blitar dengan Mobil Jeep

Senin, 24 Mei 2021 - 17:01
Menjajal Eksotisme Gunung Kelud Blitar dengan Mobil Jeep Rombongan Jeep menyusuri jalur off road ke Gunung Kelud, Minggu (23/5/2021) kemarin.( Foto: Zainal/TIMES Indonesia)

TIMES BLITAR, BLITAR – Belasan wisatawan nampak terkesima dengan keindahan alam Gunung Kelud yang mereka nikmati dari kendaraan Jeep. Diakhir pekan kemarin, mereka pertama kalinya menyusuri alam Kabupaten Blitar menuju Gunung Kelud menggunakan mobil Jeep.

Wisata penjelajahan gunung Kelud menggunakan mobil Jeep itu baru pertama kali ada di Blitar. Saya Tour lah yang mengagas wisata pemicu andrenalin tersebut. 

jeep c

Yossytama Kurniawan, owner Saya Tour mengatakan, jelajah wisata gunung Kelud pada hari minggu (24/5/2021) kemarin, sebenarnya masih dalam rangka uji coba atau survei mencari jalur wisata off road ke Gunung Kelud.

"Jalur wisata ini karena jalannya susah ya (off road) belum ada jalan yang mulus makanya kita menggunakan jeep, berkolaborasi dengan komunitas Jeep blitar, " katanya kepada Times Indonesia, Senin (24/5/2021).

Wisata Off-road memang bisa memacu andrenalin apalagi ditambah dengan keindahan alam selama menaiki mobil Jeep. Tentunya akan menjadi pengalaman baru bagi wisatawan yang belum pernah ke Gunung Kelud.

Yossytama menuturkan, sebelum menyusuri Gunung Kelud melalui sungai Kali Badak, wisatawan diajak terlebih dahulu mengunjungi rumah masa kecil Bung Karno yaitu Istana Gebang. Kemudian menuju utara ke Candi Penataran. Di Candi Penataran, wisatawan akan diberi waktu untuk napak tilas sejarah candi terbesar di Jawa timur tersebut.

"Sebelumnya kita berkumpul di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar. Wisatawan silakan parkir kendaraan di sana, baru kemudian ganti naik Jeep," jelasnya.

Menurut Yossytama, usai bermain di sungai Kali Badak, wisatawan beserta rombongan Jeep menuju pos retribusi Gunung Kelud. Untuk selanjutnya makan siang di lapangan sebelah pos retribusi. Uniknya, wisatawan diajak makan siang ala berkemah atau camping. Mereka diajak bersama sama masak menu makan siang. Sehingga wisatawan lebih merasakan wisata alam sesungguhnya.

"Setelah makan siang kita menuju parkiran atas di Gunung Kelud melalui jalur Off-road melalui retribusi yang nyambung ke jalan aspal di parkiran atas," urai Yossytama.

Perjalanan dari PIPP Kota Blitar menuju Gunung Kelud, kata Yossytama, bisa ditempuh selama dua jam dengan catatan tidak terlalu lama bermain di sungai Kali Badak. 

Pada survei jalur kemarin, lanjutnya, rombongan start di PIPP pada Pukul 09.00 WIB. Mampir Istana Gebang dan Candi Penataran, lalu sampai Gunung Kelud sekitar pukul 14.00 WIB.

jeep x

"Karena kemarin kita ujicoba. Kalau wisata normal paling ditempuh dua jam karena tidak sampai main di sungai," sambungnya.

Lebih lanjut Yossytama mengutarakan, dari hasil survei jalur kemarin, paket wisata Jeep ke gunung Kelud akan dibagi menjadi dua. Yaitu, bagi wisatawan yang ingin benar benar off road dan paket wisata bagi wisatawan yang hanya ingin merasakan sensasi naik Jeep ke gunung Kelud.

Bagi wisatawan yang hanya ingin merasakan sensasi naik mobil Jeep ke Gunung Kelud, maka jalurnya tidak melalui sungai Kali Badak. Untuk harga per paxnya Rp 300 ribu, minimal tiga orang. Free makan siang termasuk tiket masuk ke Gunung Kelud. "Harapannya setelah ini pariwisata ke Gunung Kelud, wisata Blitar akan menjadi semakin ramai sehingga blitar bisa semakin diri kunjungi oleh banyak wisatawan," ulasnya.(*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.