Olahraga

Diskusi Bareng YGC, Menpora RI: DBON dan UU Keolahragaan Sudah Di Jalur yang Benar

Senin, 27 Juni 2022 - 16:32
Diskusi Bareng YGC, Menpora RI: DBON dan UU Keolahragaan Sudah Di Jalur yang Benar Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali saat menyampaikan materinya (foto: Dokumen/Kemenpora)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengatakan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan Undang-undang Keolahragaan adalah bagian dari perubahan paradigma pembinaan prestasi olahraga di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali, saat berdiskusi setelah mengikuti Golf Bareng (Gobar) bersama anggota Yakusa Golf Club (YGC), Senin (27/6/2022) di Gunung Geulies Country Club, Bogor, Jawa Barat.

Menpora Amali melanjutkan, selama 76 tahun Indonesia Merdeka, Indonesia belum pernah memiliki desain tentang pembinaan, prestasi olahraga nasional. 

"Karena itu, saya berdiskusi dengan stakeholder olahraga, praktisi olahraga, guru besar keolahragaan dan sebagainya. Dan akhirnya saya berkesimpulan olahraga kita harus didesain," ucap Menpora Amali.

Hasil dari DBON ini adalah keberhasilan kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Filipina. Kontingen Indonesia bisa memenuhi harapan Presiden RI Jokowi untuk masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. 

"Indonesia menempati peringkat ketiga dengan total peroleh 242 medali yang terdiri dari 69 Emas, 92 perak, dan 81 perunggu. Keberhasilan Kontingen Indonesia masuk di tiga besar di SEA Games kali ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak, khususnya para atlet," ujar Menpora  Amali.

 "Dan hal ini juga menjadi bukti bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di jalur yang benar. Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet  yang berangkat, tapi alhamdulillah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar,” imbuh Menpora RI.

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.