Berita

Gala Dinner 'Icip-Icip Jawa Tengah' Pukau Warga Australia di Sydney

Rabu, 22 Juni 2022 - 23:06
Gala Dinner 'Icip-Icip Jawa Tengah' Pukau Warga Australia di Sydney Gala dinner bertema 'Icip-icip Jawa Tengah' digelar di Wisma Indonesia, Sydney pada Jumat (17/06/2022). (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES BLITAR, AUSTRALIA – Bertempat di Wisma Indonesia di Sydney, Indonesia Business Council (IBC) Australia didukung  KJRI Sydney dan Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Sydney menggelar gala dinner bertema 'Icip-icip Jawa Tengah' pada Jumat (17/06/2022) lalu. 

Uniknya, pada gala dinner kali ini para tamu undangan tidak hanya disajikan hidangan khas Jawa Tengah tetapi juga peluang investasi dan ragam wisata di Jawa Tengah. 

Acara juga dihadiri Christina Aryani, anggota Komisi I DPR RI yang sedang berkunjung ke Sydney serta 70 tamu dari kalangan pengusaha di Australia, termasuk perwakilan asosiasi bisnis di Sydney seperti Hong Kong Australia Business Association, Temasek Club dan Australia Malaysian Singaporean Association.

Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana menekankan bahwa Gala Dinner Icip-icip Jateng merupakan bagian dari upaya perwakilan RI di Australia dalam mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba dan Labuan Bajo sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo. 

KJRI-Icip-02.jpg

"Dengan dibukanya kembali perbatasan Indonesia dan ditambah dengan lonjakan arus warga Australia yang kembali berwisata ke mancanegara, acara gala dinner ini bermaksud untuk memperkenalkan Jawa Tengah sebagai destinasi wisata alternatif selain Bali," ujar Konjen dalam sambutannya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, turut menyapa para tamu gala dinner melalui pesan video. Mengenakan pakaian adat Jawa Tengah, Gubernur ia berpesan agar para tamu bisa berkunjung ke Jawa Tengah dan menikmati tidak hanya kemegahan Candi  Borobudur tapi juga keindahan alam, budaya, kuliner dan kehangatan warga Jawa Tengah. 

"Borobudur, Karimun Jawa, Daratan Tinggi Dieng, Kota Lama dan Museum Lawang Sewu, puluhan bahkan ratusan makam wali serta tempat-tempat eksotis lainnya semua ada di Jawa Tengah," kata Gubernur Ganjar dalam video pesan berdurasi sekitar 4 menit tersebut.

KJRI-Icip-03.jpg

Di hadapan para tamu yang umumnya merupakan pengusaha Australia tersebut, Kepala IIPC Sydney, Henry Rombe, menyampaikan peluang investasi Kawasan Ekonomi Khusus di Kendal dan wilayah pariwisata Pulau Panjang, Jawa Tengah. 

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan juga sektor prioritas Indonesia pada Presidensi G-20 yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.

Turut memeriahkan acara, para tamu undangan juga dimanjakan dengan tarian dan lagu-lagu khas Jawa Tengah yang ditampilkan oleh diaspora Indonesia di Sydney. Tidak hanya itu, gala dinner juga membagikan raffle tickets dengan hadiah gratis menginap di hotel Alila Solo dan hotel Pelataran.

KJRI-Icip-04.jpg

Dalam memperkenalkan destinasi wisata kepada para pengunjung, KJRI Sydney membagikan brosur destinasi wisata Labuan Bajo, Bali, Borobudur dan Joglosemar. Kegiatan gala dinner diharapkan semakin mendorong kedatangan warga Australia ke Indonesia, guna membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia.

Australia sendiri merupakan salah satu penyumbang wisatawan mancanegara terbesar ke Indonesia. Sebelum pandemi Covid-19 pada 2019, jumlah kunjungan turis Australia ke Indonesia tercatat sekitar 1,3 juta orang. Tahun ini, Kemenparekraf RI menargetkan 1,8 hingga 3,6 juta turis asal Australia dapat berkunjung ke Indonesia. (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.