Hukum dan Kriminal

Polisi Temukan Ladang Ganja Siap Panen di Gunung Karuhun Cianjur

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:59
Polisi Temukan Ladang Ganja Siap Panen di Gunung Karuhun Cianjur Anggota Satnarkoba Polres Cianjur, Jawa Barat menunjukkan tanaman ganja yang ditemukan di lereng Gunung Karuhun, Kecamatan Campaka, Selasa (28/06/2022). (foto: ANTARA/Ahmad Fikri)

TIMES BLITAR, JAKARTALadang ganja ditemukan di atas bukit di Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan ganja-ganja tersebut diperkirakan siap panen bulan depan itu.  "Ini berawal dari laporan warga yang menyatakan menemukan tanaman ganja. Di lokasi, kami menemukan lebih dari dua ratus batang ganja yang sudah siap panen," ungkapnya, Selasa (28/6/2022).

Kapolres mengatakan, ladang ganja ini tersebar di beberapa titik di sepanjang Gunung Karuhun.

"Seluruh batang ganja kita amankan ke Mapolres Cianjur, selanjutnya kita akan mendalami siapa pelaku atau pemilik lahan ganja di atas bukit yang disebut warga Gunung Karuhun. Kami akan mintai keterangan saksi warga sekitar," tuturnya seperti dikutip dari Antara.

Kasat Narkoba Polres Cianjur AKP Maruf Murdianto mengatakan, sedikitnya ada tiga titik ladang ganja di gunung tersebut dengan jumlah ratusan batang. Lahan-lahan tersebut saling berjauhan. 

Maruf menyatakan polisi telah menemukan petunjuk awal pelaku penamanam dari keberadaan gubuk yang dilengkapi panel tenaga surya yang berada di area ladang ganja.

"Identitas pelaku atau pemilik dari ladang ganja ini telah kita kantongi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera terungkap dan pelaku dapat kita tangkap," kata Maruf kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

"Kami pastikan, keberadaan gubuk di area ladang ganja ada keterkaitannya. Karena, di dalam gubuk tersebut polisi menemukan sejumlah pupuk yang diduga sebagai penyubur untuk tanaman ganja serta dilengkapinya fasilitas panel tenaga surya," jelasnya.

Ia menambah, belum bisa memastikan berapa total batang ganja yang siap panen di tanam di kawasan tersebut, karena anggota dibantu warga masih menyusuri lokasi lain yang juga diduga masih ada tanaman ganja. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.