https://blitar.times.co.id/
Gaya Hidup

Tips Jaga Kebersihan Organ Intim saat Haid

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:23
Tips Jaga Kebersihan Organ Intim saat Haid Ilustrasi menjaga kebersihan vagina saat haid. (foto: Alinea.ID)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Area kewanitaan adalah salah satu bagian yang sangat rentan terkena bakteri hingga membuat wanita memiliki beberapa keluhan untuk organ intim tersebut.

Di antara keluhan yang umumnya dirasakan yakni keputihan, gatal, nyeri bahkan hingga alami pembengkakan. Utamanya pada saat haid, maka saat itu pula organ intim wanita perlu mendapatkan tips khusus untuk menjaganya. 

Dikutip dari haloodoc.com, banyak sekali cara yang yang seringkali diberikan untuk menjaga organ intim selama masa haid atau menstruasi. Berikut tips menjaga organ intim saat haid dilansir dari halodoc.com: 

1. Menggunakan Sabun Khusus

Selama haid/menstruasi, organ intim rentan sekali terkena bakteri karena kondisi miss V yang kurang bersih. Kebersihan daerah tersebut sangat dianjurkan dengan sedikit berbeda yakni menggunakan sabun khusus untuk membersihkannya. Dengan begitu, kita tidak perlu terlalu khawatir akan bakteri yang timbul selama haid. 

2. Tidak menggunakan pembalut beraroma

Organ intim akan menjadi lebih sensitif jika dalam masa haid. Oleh karenanya, disarankan untuk tidak mengenakan pembalut yang beraroma tajam saat haid. Hal ini akan menimbulkan kemungkinan munculnya ruam dan gatal-gatal di area vagina. Terutama bagi yang memiliki kulit sensitif, sangat tidak disarankan untuk mengenakan pembalut beraroma. 

3. Sering mengganti pembalut

Salah satu menjaga kebersihan vagina supaya tetap sehat yakni dengan sering mengganti pembalut selama kurang lebih 3-4 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari bakteri yang bersarang di miss V selama haid. 

4. Membersihkan area vagina sesering mungkin

Banyaknya bakteri yang ada di miss V saat haid akan dapat menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Maka untuk mencegah hal tsebut terjadi, haruslah dibersihkan secara sering selama masa menstruasi. Dengan rajin membersihkan sesering mungkin akan membuat kondisi organ intim selalu higenis. 

5. Mengonsumsi makanan sehat

Menjaga kebersihan vagina tidak hanya bisa dilakukan dari luar melainkan juga bisa dari dalam. Mengonsumsi makanan sehat seperti protein nabati, yogurt, dan buah-buahan beri juga akan membantu menjaga kesehatan vagina serta memberikan banyak manfaat. 

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai tips untuk menjaga vagina agar tetap sehat. Selain sehat, organ intim akan terhindar dari bakteri jahat yang akan menimbulkan penyakit lainnya. Dengan begitu vagina akan terjaga dan meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.