Gaya Hidup

Olahraga yang Direkomendasikan untuk Perempuan Jelang 40 Tahun

Selasa, 06 Juni 2023 - 06:32
Olahraga yang Direkomendasikan untuk Perempuan Jelang 40 Tahun Bersepeda salah satu olahraga yang disarankan untuk perempuan (FOTO: freepik.com)

TIMES BLITAR, JAKARTAPerempuan lebih rentan terkena berbagai gangguan kesehatan saat usia senja. Salah satu faktornya karena hormon, di mana seorang perempuan akan mengalami masa menopouse. 

Saat itu beberapa hormon tidak dapat bekerja dengan maksimal, sehingga timbul berbagai gangguan kesehatan. 

Menopause memang tak dapat dihindari, namun perempuan bisa mengurangi dampaknya. Salah satunya dengan rutin berolahraga. 

Olahraga merupakan gaya hidup yang wajib dilakukan jika tetap ingin bugar di usia senja. Olahraga juga sebaiknya dilakukan oleh semua orang dari berbagai rentang usia. Dari kecil hingga anak-anak. 

Namun agar tetap bugar di usia senja, perempuan lebih dianjurkan mempersiapkan diri dengan berolahraga sejak menjelang 40 tahun. 

Semua olahraga baik dilakukan, namun kondisi tubuh perempuan di usia 35 ke atas biasanya sudah banyak berubah. Nah berikut olahraga yang disarankan untuk perempuan menjelang 40 tahun. 

Jalan dan lari

Olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki. Jika Anda memang jarang berolahraga, sebaiknya mulai rajin berjalan kaki. 

Santai saja tidak perlu dipaksakan. Makin sering berjalan, kecepatannta boleh ditingkatkan. 

Jika sudah mendapatkan ritme jalan cepat yang nyaman, anda boleh mencoba berlari. Mulai dengan lari kecil saja. Sekali lagi jangan dipaksakan. 

Berjalan atau berlari dapat memperkuat otot, muali dari otot lengan, pinggul juga kaki. 

Bersepeda

Salah satu olahraga yang menyenangkan adalah bersepeda. 

Berdasar penelitian, bersepeda santai dapat merilekskan otak sekaligus melepas penat. 

Bersepeda sangat dianjurkan bagi perempuan menjelang 40 tahun. Sebab bersepeda melatih otot bagian lutut. Perempuan yang memasuki usia menopause rentan terkena pengapuran tulang dibagian lutut. 

Berenang

Berenang olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Dengan rutin berenang, persendian akan tetap terjaga.

Kerennya lagi, beberapa gaya dalam berenang dipercaya baik untuk kesehatan kewanitaan. Berenang juga dapat melatih pernapasan dan kinerja jantung. 

Yoga

Yoga bisa menjadi pilihan bagi perempuan untuk berolahraga. 

Yoga tak hanya melatih konsentrasi, sehingga dapat menurunkan stres. Tak itu saja, yoga juga melatih kekuatan sekaligus membentuk otot. 

Jika Anda pertama kali melakukan yoga, pastikan didampingi oleh ahlinya ya. 

Zumba

Olahraga menyenangkan ini populer sejak beberapa tahun terakhir. 

Zumba merupakan olahraga kardio yang berfungsi menghempaskan lemak, dan menjaga kesehatan jantung. 

Rutin melakukan zumba juga dapat mengurangi nyeri akibat peradangan sendi seiring bertambahnya usia. 

Selain olahraga, menjaga kesehatan khususnya bagi perempuan jelang 40 tahun adalah memperbanyak asupan buah dan sayur, serta mengurangi gula, lemak dan karbohidrat. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.