Ekonomi

Pameran Mega Build Ke-19, Kementerian PUPR Ikut Dorong Belanja Produk Dalam Negeri

Kamis, 16 Juni 2022 - 20:49
Pameran Mega Build Ke-19, Kementerian PUPR Ikut Dorong Belanja Produk Dalam Negeri Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah saat menghadiri dan membuka Pameran Mega Build Ke-19 di Jakarta Convention Center, Kamis (16/6/2022). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah mewakili Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono membuka Pameran Mega Build Ke-19 di Jakarta Convention Center, Kamis (16/6/2022).

Pameran bahan bangunan, arsitektur, desain interior, dan konstruksi yang diikuti oleh ratusan merek dari 8 negara ini diselenggarakan pada 16-19 Juni 2022 dengan tema “Inspiring the Future”.

Pameran Mega Build Ke-19 diselenggarakan oleh Panorama Media dan didukung oleh Kementerian PUPR RI, Kementerian Perdagangan, Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (GAPENSI), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), serta berbagai asosiasi, komunitas, instansi, dan universitas.

Kementerian PUPR RI memberikan dukungan dengan turut membuka booth pameran yang menampilkan informasi berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR.

PUPR-Mega-Build-2.jpg

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah menyampaikan apresiasi terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh seluruh masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur nasional, salah satunya melalui kegiatan Pameran Mega Build yang secara rutin diselenggarakan ini.

“Kegiatan pameran ini merupakan sarana untuk menambah wawasan terhadap perkembangan inovasi teknologi dan produk bidang konstruksi, serta untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman antara setiap pelaku jasa konstruksi. Semoga kegiatan ini dapat menjadi trigger menuju pembangunan nasional yang lebih baik,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Pada kesempatan ini, Menteri PUPR RI Basuki melalui Sekjen Zainal Fatah menyampaikan kembali pesan Presiden Joko Widodo untuk mengutamakan belanja produk dalam negeri, terutama belanja yang dibiayai melalui APBN.

“Dana APBN dikumpulkan dari pajak masyarakat, maka kita tidak ingin membuang serupiah pun APBN yang telah dikumpulkan dengan susah payah itu. Gerakan belanja produk dalam negeri ini harus kita wujudkan dalam gerak langkah pembangunan infrastruktur kita ke depan, salah satunya agar dapat membuka lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia,” ujar Sekjen Zainal Fatah.

PUPR-Mega-Build-3.jpg

Sekjen Zainal Fatah mengatakan Pemerintah Indonesia menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu pilar dan kunci dalam meningkatkan daya saing Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan setiap pelaku usaha dan tenaga kerja nasional juga dapat meningkatkan kemampuan usaha dan kompetensi dalam rangka memenangkan persaingan khususnya di pasar regional ASEAN.

“Kita harus bersama-sama memastikan kesiapan seluruh rantai pasok industri konstruksi, mulai dari kelembagaan badan usaha jasa konstruksi, tenaga kerja, material, peralatan, teknologi, hingga masyarakat jasa konstruksi sendiri. Keberhasilan pembangunan sesungguhnya milik seluruh ekosistem jasa konstruksi, maka setiap upaya yang dilakukan harus didukung bersama-sama,” tutur Sekjen Zainal Fatah.

Disamping Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah, turut hadir juga pada acara pembukaan Pameran Mega Build Ke-19, Presiden Direktur Panorama Media Royanto Handaya, Ketua Umum GAPENSI Iskandar Z Hartawi, Ketua Umum HDII Rohadi, dan Ketua IAI Jakarta Doti Windajani. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.