Ekonomi

Pelatihan Pembenihan Kepiting Bakau untuk Keberlangsungan Ekosistem

Minggu, 05 Juni 2022 - 13:53
Pelatihan Pembenihan Kepiting Bakau untuk Keberlangsungan Ekosistem Ilustrasi kepiting bakau. (FOTO: Dunia Petermakan)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tb Haeru Rahayu menekankan pentingnya pelatihan pengelolaan pembenihan kepiting bakau untuk keberlanjutan sumber daya tersebut.

“Pengelolaan sumber daya kepiting bakau menjadi hal utama yang harus dilakukan dalam menjaga keberlanjutan pemanfaatan sumber daya tersebut agar tetap dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat,” ucap Haeru, Minggu (5/6/2022).

Salah satu dari program prioritas yang dicanangkan adalah pengembangan budi daya berbasis ekspor dengan beberapa komoditas perikanan budi daya unggulan di pasar global, salah satunya adalah kepiting.

Haeru mengatakan kepiting bakau merupakan salah satu sumber daya perikanan yang dapat ditemukan di sepanjang pantai Indonesia, terutama di kawasan hutan bakau atau perairan payau.

Namun, potensi dan permintaan pasar terhadap kepiting bakau dinilai juga cukup luas dan tidak terbatas baik untuk konsumsi lokal maupun ekspor.

Menurut dia, permintaan pasar terhadap komoditas kepiting bakau terus mengalami peningkatan.

"Hal ini membawa konsekuensi, di mana produksi kepiting bakau, baik melalui kegiatan penangkapan dan kegiatan budi daya, harus dikelola dengan baik sehingga keberlangsungan produksi dapat terjaga," jelas haeru.

Terkait hal itu, KKP juga telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Pembenihan kepiting bakau (Scylla serrata) bagi para pembudidaya kepiting di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), akhir bulan Mei lalu. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.