https://blitar.times.co.id/
Berita

Bupati Blitar Ajak Umat Hindu Jadikan Melasti Sarana Jaga Keharmonisan Alam

Selasa, 14 Maret 2023 - 16:11
Bupati Blitar Ajak Umat Hindu Jadikan Melasti Sarana Jaga Keharmonisan Alam Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan sambutan saat menghadiri upacara Melasti di Pantai Jolosutro Kecamatan Wates Kabupaten Blitar, Selasa (14/3/2023). (Foto: Sholeh/ Times Indonesia).

TIMES BLITAR, BLITARBupati Blitar Rini Syarifah mengajak umat Hindu di seluruh Kabupaten Blitar untuk menjadikan perayaan melasti sebagai sarana introspeksi, menata kembali sikap dan perilaku dalam menjaga keharmonisan dengan alam, dengan sesama, dan dengan Sang Pencipta.

Sehingga, menurutnya, pergantian Tahun Baru Saka bisa memberikan kekuatan positif bagi kehidupan, memayu hayuning Buwono. yakni meraih kehidupan yang tata, titi, tentrem, mewujudkan keharmonisan dan kedamaian.

"Seluruh umat Hindu yang ada di Kabupaten dan kota Blitar tumplek blek di pantai jolosutro. Kita sangat mendukung dan Pemkab akan selalu bersinergi dengan umat, apapun kegiatannya akan kita dukung," katanya saat menghadiri upacara Melasti di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Selasa (14/3/2023).

Atas nama Pemerintah Kabupaten Blitar, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar itu sangat menyambut baik atas digelarnya upacara Melasti. Melasti merupakan ritual penyucian diri, sebagai salah satu rangkaian ibadah agama Hindu dalam menyambut datangnya Hari Raya Nyepi. 

Upacara-Melasti.jpgSuasana Upacara Melasti di Pantai Jolosutro Kecamatan Wates Kabupaten Blitar, Selasa (14/3/2023). (Foto: Sholeh/ Times Indonesia)

Menurutnya, melasti mempunyai makna yang sangat dalam bagi umat Hindu, dimana sebagai upaya mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu.

"Juga pembersihan atau penyucian benda sakral milik pura, mensucikan desa untuk mewujudkan keseimbangan, keharmonisan, dalam menjalani kehidupan," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini menyampaikan beberapa hal dalam menyongsong pemilihan umum serentak 2024. Menurutnya, pilihan boleh beda, namun tetap harus rukun dan menjaga kondusifitas. Ia meminta masyarakat untuk menjaga Blitar dengan nuansa kesejukan, kerukunan dan guyub rukun serta penuh kekeluargaan. 

"Dalam kegiatan keagamaan kita saling berkoordinasi supaya berjalan lancar dan aman. Serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga kegiatan ini sampai datangnya perayaan Hari Nyepi berlangsung lancar, khidmat dan mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa," tegasnya.

Bupati-Blitar-3.jpgBupati Blitar Rini foto bersama Forkopimda dan Umat Hindu  saat menghadiri upacara Melasti di Pantai Jolosutro Kecamatan Wates Kabupaten Blitar, Selasa (14/3/2023). (Foto: Sholeh/ Times Indonesia)

Untuk diketahui, Umat Hindu di Kabupaten Blitar menggelar upacara Melasti di Pantai Jolosutro.  Melasti digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Rabu (24/3/2023) mendatang.

Upacara Melasti kali ini berlangsung meriah, ribuan warga umat Hindu dari Blitar dan sekitarnya datang memadati pantai Jolosutro untuk melaksanakan ritual keagamaan.

Ketua Persada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten dan Kota Blitar, Lestari mengatakan upacara Melasti merupakan upacara pengambilan tirta suci di tengah samudera atau sumber mata air. Upacara itu dimaknai sebagai pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi dan seisinya.

"Melasti kali ini merupakan kegiatan Untuk menyongsong Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. Upacara Melasti merupakan ritual pensucian yang dilakukan Umat Hindu sebelum melaksanakan tapa brata Hari Raya Nyepi," kata Lestari.

Menurutnya, dalam kepercayaan Hindu, sumber air suci seperti air danau atau laut dianggap sebagai asal tirta amerta atau air kehidupan yang dapat menyucikan segala kotoran di dalam diri manusia dan alam. 

"Melalui upacara Melasti ini diharapkan umat Hindu dapat membuang segala macam kotoran jasmani dan rohani agar khidmat dalam pelaksanaan ritual Nyepi," urainya. (d)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.