Berita

BMKG Prediksi Hujan disertai Angin Terjadi di Beberapa Wilayah

Jumat, 31 Maret 2023 - 10:33
BMKG Prediksi Hujan disertai Angin Terjadi di Beberapa Wilayah ilustrasi - BMKG Prediksi Hujan (FOTO: inews.id)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan disertai petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Jumat (31/3/2023).

Mengutip laman BMKG, ada kemungkinan hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter (mm) per hari di Sumatra Utara,  Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumsel, dan Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga dapat terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Wilayah Berpotensi Hujan Badai

BMKG menyebut, daerah yang berpotensi hujan dan badai yaitu Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo , Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat. 

BMKG juga memprediksi kemungkinan angin kencang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

BMKG melaporkan bahwa sirkulasi siklon diamati di Kalimantan Barat, perairan utara Maluku Utara dan Laut Banda yang membentuk zona konvergensi longitudinal di Laut Natuna, Halmaheran, Banda, dan Flores.

Daerah konvergensi lainnya juga terbentang dari Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu sampai Lampung, dari Kalimantan Barat sampai Sulawesi Barat, dari Laut Jawa sampai Selat Makassar, dari Laut Sulu sampai Laut Sulawesi, dari Laut Kembang sampai Laut Arafrun. Dan di Laut Bandana dan Pertemuan Angin di pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa Barat dan Maluku.

Menurut BMKG, kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklon. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.