Berita

Sukseskan Pemilu 2024, Bupati Malang Berikan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:14
Sukseskan Pemilu 2024, Bupati Malang Berikan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula Bupati Malang Sanusi ketika memberikan pendidikan politik bagi Pemilih Pemula. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang)

TIMES BLITAR, MALANGBupati Malang Sanusi memberikan materi pendidikan politik bagi pemilih pemula di SMAN 1 Turen, Rabu, (15/3/2023). Kegiatan ini guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada saat Pemilu 2024 mendatang.

Selain Bupati Malang Drs HM Sanusi MM, hadir pada pendidikan politik bagi pemilih pemula itu yakni Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Pakar Politik Dosen Universitas Brawijaya Prof Romi dan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Malang, Mumuk Hadi Martono.

Sosialisasi ini  bertujuan agar siswa mendapatkan pemahaman mengenai sistem politik Indonesia dan bisa berpartisipasi menggunakan suara hak pilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

Bupati Malang mengatakan, kategori pemilih pemula merupakan pemilih yang baru pertama kali akan memberikan suaranya dalam pemilu, dengan ketentuan diantaranya yaitu Warga Negara Indonesia yang genap berusia 17 tahun.

Bagi siswa-siswi SMAN 1 Turen yang telah genap berusia 17 tahun, lanjut dia, maka termasuk pada kategori pemilih pemula dan berhak menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Agar dapat berperan sebagai pengontrol terhadap jalannya pemerintahan yang berkuasa, siswa sebagai pemilih pemula maupun masyarakat secara umum, dituntut untuk melek terhadap politik. Dan untuk menciptakan masyarakat yang melek politik, maka diperlukan pendidikan politik sejak dini,” ujar Bupati Malang.

Lebih lanjut Bupati Malang mengatakan lembaga pendidikan menjadi awal yang baik untuk membentuk sikap dan perilaku pemilih. Hal ini dapat menjadi fondasi sekaligus filter atas berbagai informasi yang sampai kepada para siswa.

Pada lembaga pendidikan,  pelajaran terkait sistem pemilu dan pemilih dapat dimasukkan ke dalam mata pelajaran yang relevan atau berbagai kegiatan di lembaga pendidikan, seperti momen upacara bendera.

“Di Indonesia, pemilu merupakan suatu wujud nyata dari demokrasi dan menjadi sarana bagi rakyat dalam menyatakan kedaulatannya terhadap negara dan pemerintah untuk menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang aspiratif, berkualitas, serta bertanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat," ungkapnya.

Bupati Malang berharap melalui kegiatan semacam ini akan semakin meningkatkan wawasan terhadap pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.