Berita

Disambut Cuaca Panas Makkah, Ini Imbauan untuk Jemaah Haji Indonesia

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:42
Disambut Cuaca Panas Makkah, Ini Imbauan untuk Jemaah Haji Indonesia Imbauan penting untuk jemaah haji Indonesia saat di Makkah yang cuacanya sangat panas. (Foto: Kemenag RI)

TIMES BLITAR, MAKKAH – Para jemaah haji 2023 asal Indonesia tiba di Makkah Al-Mukarramah disambut cuaca panas yang cukup ekstrem. Suhu di kota kelahiran Nabi Muhammad SAW ini mencapai kisaran antara 30 hingga 45 derajat Celsius. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pun mengimbau agar para jemaah menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri dalam menjalankan ibadah sunah atau program ziarah.

Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H/2023 M, Subhan Cholid, menjelaskan, cuaca di Makkah sangat panas. "Jemaah diimbau untuk menjaga kesehatan, tidak memaksakan diri dalam beribadah sunnah, dan melaksanakan ibadah haji sesuai dengan kemampuan masing-masing," katanya.

Fase kedatangan jemaah haji Indonesia dari gelombang pertama yang berasal dari Madinah ke Makkah telah dimulai sejak tanggal 1 Juni 2023. Hingga pukul 21 Waktu Arab Saudi pada tanggal 5 Juni 2023, tercatat sebanyak 22.932 jemaah haji Indonesia sudah berada di Makkah. Mereka tergabung dalam 58 kelompok terbang atau kloter. Fase kedatangan jemaah dari Madinah ini akan berlangsung hingga tanggal 16 Juni 2023.

Sementara itu, gelombang kedua jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan dari Tanah Air pada tanggal 8 Juni 2023. Mereka akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah sebelum melanjutkan perjalanan menuju Makkah Al-Mukarramah. Fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua ini di Makkah akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 22 Juni 2023.

PPIH Arab Saudi memberikan beberapa imbauan penting kepada jemaah haji 2023 asal Indonesia.

Menjalankan ibadah haji sebagai tujuan utama. Memperhatikan cuaca yang sangat panas di Kota Makkah, jemaah haji Indonesia diimbau untuk:

a. Tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka.

b. Tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah, ziarah, dan kegiatan lain yang dapat menguras tenaga.

c. Melakukan ibadah sesuai dengan kemampuan masing-masing, sehingga pelaksanaan ibadah haji, terutama pada masa Arafah, Muzdalifah, dan Mina, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dengan kelancaran menjalankan ibadah, diharapkan seluruh jemaah haji 2023 asal Indonesia meraih kemabruran. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.