Berita

Menteri PUPR RI Dampingi Presiden RI Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Pura Besakih

Selasa, 14 Maret 2023 - 09:00
Menteri PUPR RI Dampingi Presiden RI Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Pura Besakih Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden RI Jokowi meresmikan Penataan Kawasan Suci Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, Senin (13/03/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BLITAR, KARANGASEM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden RI Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Bali I Wayan Koster meresmikan Penataan Kawasan Suci Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, Senin (13/03/2023).

Presiden RI Jokowi mengatakan, Pura Besakih merupakan pura yang sangat disucikan oleh umat Hndu di seluruh Indonesia. Sejak dulu, Pura Besakih selalu ramai dikunjungi oleh umat Hindu dan wisatawan. Terlebih, kalau sedang ada upacara besar, seperti upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang diselenggarakan setiap sasih kadasa. Saat itu, umat Hindu dari berbagai penjuru di Indonesia akan berbondong-bondong datang untuk melakukan persembahyangan.

“Kedatangan umat dan pengunjung yang semakin banyak tanpa diimbangi dengan penataan, tanpa ada antisipasi ke depan, akan menimbulkan kesemrawutan dan ketidaknyamanan. Oleh sebab itu pada tahun 2021, saya perintahkan dan saya minta pada Pak Menteri PUPR, untuk melakukan penataan di Kawasan Suci Pura Besakih ini bersama-sama dengan Gubernur Provinsi Bali,” kata Presiden RI Jokowi.

Penataan Kawasan Pura Besakih ini dilakukan di 2 area yaitu area Bencingah dan Manik Mas. “Penataan dilakukan dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Besakih tetap terjaga kesuciannya,” tambah Presiden RI Jokowi.

Menteri PUPR RI mengatakan, "Pembangunan fasilitas pendukung pada kawasan dengan lahan seluas 78.827 m2 dan bangunan seluas 87.464 m2 ini meliputi Gedung Parkir yang dapat menampung 1.268 motor, 1.409 mobil, 66 bus dan 45 sepeda. Kemudian, Pembangunan Kios yang meliputi 267 kios besar dan 198 kios kecil.

Dilakukan pula pembangunan pedestrian, pura, sekolah dasar, puskesmas, rumah dinas, kantor desa, kantor manajemen operasional, dining area & bar. Kemudian, pembangunan fasilitas umum meliputi 274 toilet, 215 kursi audiovisual, 2 akses lift, taman bermain seluas 129 m2, 2 bale pasandekan, 2 bale gong, 1 bangunan TPS dan 1 powerhouse.

Pura-Besakih.jpg

“Penataan Kawasan Pura Besakih juga dilengkapi dengan pekerjaan pelataran, penataan landscape, pekerjaan artwork, relief dan patung, serta instalasi smart parking dan solar panel,” tandas Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono.

Gubernur Bali I Wayan Koster berterimakasih kepada Presiden RI Jokowi dan Kementerian PUPR RI karena telah melaksanakan dengan baik Penataan Kawasan Pura Besakih.

“Kami berupaya dengan arahan Presiden dan Menteri PUPR RI untuk membangun Kawasan Suci Pura Besakih ini secara komprehensif. Tampilan bangunan sangat berkualitas, terlihat selaras dengan kesucian Pura Besakih serta Gunung Agung,” kata Wayan Koster.

Gubernur Wayan Koster juga mengatakan, Penataan Kawasan Pura Besakih ini akan memberi manfaat besar bagi masyarakat Bali, terutama dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan.

“Dengan total anggaran untuk pembangunan semua fasilitas sebesar Rp911 miliar yang bersumber dari APBN sebesar Rp428 miliar dan APBD sebesar Rp483 miliar. Penataan kawasan ini akan memberi manfaat besar bagi masyarakat Bali dalam melaksanakan upacara serta akan menjadi warisan dan kenangan bagi generasi masa depan,” jelas Wayan Koster.

Terakhir, Presiden RI Jokowi juga berpesan terkait pengelolaan dan perawatan Kawasan Pura Besakih. Menurut Presiden Jokowi, membangun fasilitas yang bagus dan megah akan lebih mudah daripada mengelola dan merawatnya.

“Harus diikuti dengan pengelolaan yang baik dan profesional, harus disiapkan manajemen dengan kompetensi yang baik sehingga mampu menjembatani kepentingan-kepentingan yang ada. libatkan juga desa dan desa adat Besakih, beri kesempatan pada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi,” pesan Presiden RI Jokowi.

Penataan Kawasan Pura Besakih dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku kontraktor pelaksana, PT Yodya Karya dan PT Ciriajasa Cipta Mandiri sebagai konsultan Manajemen Konstruksi. Selain itu, gedung parkir motor, kios dan ruang audio visual juga disiapkan melalui dana APBD Provinsi Bali yang dilaksanakan oleh PT Waskita Karya.

Turut mendampingi Menteri Basuki saat peresmian penataan Kawasan Suci Pura Besakih oleh Presiden RI Jokowi, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bina Penataan Bangunan Boby Ali Azhari, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan dan Jembatan Jawa Timur - Bali Apri Artoto. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.