https://blitar.times.co.id/
Berita

Bertema Pohon Hayat, Ini Filosofi Logo Baru IKN yang Dirilis Presiden Jokowi

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:37
Bertema Pohon Hayat, Ini Filosofi Logo Baru IKN yang Dirilis Presiden Jokowi Logo IKN yang resmi dirilis Presiden Jokowi. (FOTO: IKN)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Presiden Jokowi meluncurkan logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN) bertema Pohon Hayat di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (30/5/2023). 

Logo baru ini terinspirasi dari pohon hayat sebagai sumber kehidupan dengan lima akarnya melambangkan Pancasila, 7 batangnya mewakili pulau besar di Indonesia, dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi. 

“Saya sangat senang dapat memperkenalkan logo baru Ibu Kota Nusantara kepada seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana filosofi logo baru ini, Ibu Kota Nusantara juga akan menjadi sumber kehidupan baru bagi seluruh masyarakat, dengan semangat menjadikan ibu kota baru yang Indonesia-sentris,” kata Presiden Jokowi.

Logo baru ini merupakan hasil sayembara yang diselenggarakan secara terbuka agar masyarakat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemilihannya. Proses sayembara telah dimulai sejak 4 April hingga 20 Mei 2023 dengan diikuti lebih dari 500.000 pemilih. 

Berdasarkan hasil sayembara pada periode tersebut, logo dengan vote terbanyak adalah logo nomor dua oleh desainer Aulia Akbar dengan tema Pohon Hayat yang mendapatkan total vote mencapai 133.069 atau 26.6% dari total vote.

Sementara itu, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono berharap peluncuran logo baru tersebut menjadi kebanggaan bersama masyarakat Indonesia. 

“Kami mengundang semua masyarakat untuk dapat menyambut logo baru dengan rasa bangga dan antusias, karena logo baru ini adalah pilihan kita bersama. Dengan adanya partisipasi dari masyarakat dalam pemilihan logo baru IKN, mudah-mudahan IKN akan semakin menjadi ibu kota yang dicintai kita semua. Nusantara adalah kita, kita adalah Nusantara,” ujarnya.

Selain itu, Kepala OIKN menghimbau agar logo baru IKN dapat segera disebarluaskan ke seluruh masyarakat Indonesia. “Dengan kehadiran logo baru ini, Otorita Ibu Kota Nusantara berharap dapat segera diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama kepada pihak-pihak yang terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN,” jelasnya.

Desainer terpilih yang merupakan anggota ADGI chapter Bandung, Aulia Akbar, menyatakan kebahagiaannya terhadap hasil sayembara ini. 

”Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru yang merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Semoga identitas visual ini dapat menyampaikan semangat Nusantara kepada seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Nasional Indonesia (BNI) Royke Tumilaar menyampaikan perseroan merasa terhormat dapat menjadi bagian dalam proses pemilihan logo IKN. 

"Logo IKN ini sudah melalui proses kreatif yang melibatkan talenta-talenta muda berbakat Indonesia. Kami sangat merasa terhormat dapat ikut berkontribusi dalam rangkaian sejarah pembuatan logo Ibukota Nusantara ini," katanya.

Tak sekadar logo, BNI saat ini tengah mempersiapkan berbagai solusi perbankan yang dibutuhkan untuk dapat mempercepat pembangunan IKN agar mampu menjadi pusat bagi pertumbuhan ekonomi Negeri.

Sebagai bank yang proaktif melakukan transformasi digital, BNI sejauh ini sudah ikut dalam pengembangan ekosistem hunian pekerja konstruksi berbasis digital salah satunya dengan Penerbitan Kartu Multifungsi BNI.

BNI menerbitkan Kartu Multifungsi sebagai sarana pembayaran dan transaksi di lokasi HPK, yang bermanfaat untuk payroll gaji, kartu identitas pekerja, alat pembayaran dan transaksi keuangan sehingga menciptakan lingkungan Cashless Society.

Dalam sayembara pembuatan desain logo baru ini, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Lebih dari 500 desainer ikut serta dalam proses open call, di mana kuratorial memilih 10 desainer terlibat untuk mengikuti proses perancangan identitas visual Nusantara berdasarkan koridor kuratorial yang sudah disiapkan oleh Dewan Kurator dan Tim Ahli Perancangan. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.