Berita

Bupati Blitar Luncurkan Satgas Cilik Covid-19, Ini Tugasnya

Selasa, 06 April 2021 - 20:04
Bupati Blitar Luncurkan Satgas Cilik Covid-19, Ini Tugasnya Bupati Blitar Rini Syarifah foto bersama perwakilan Satgas Cilik Covid-19 usai diluncurkan di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro, Selasa (6/4/2021). (Foto: Kominfo Kab Blitar)

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar Rini Syarifah meluncurkan Satgas Cilik Covid-19 di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro, Selasa (6/4/2021).

Satgas cilik tersebut untuk mendukung penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Kami membuat inovasi dan terobosan baru. Yakni dibentuknya Satgas Cilik Protokol Kesehatan Covid-19 di setiap sekolah baik TK, SD dan SMP,” ungkap Bupati yang akrab disapa Mak Rini.

Dalam implementasinya di lembaga sekolah, Satgas Cilik Covid-19 memiliki tugas memberikan edukasi seputar Covid-19 kepada sesama siswa, orang tua dan masyarakat. Kemudian membimbing teman-teman mereka untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19 di sekolah.

"Satgas Cilik ini wajib ada di setiap kelas di jenjang TK, SD dan SMP. Mereka bertugas mengontrol dan mendisiplinkan teman-temannya agar tetap menjalankan protokol kesehatan," jelasnya.

Selain itu, Mak Rini menyatakan, Satgas Cilik juga bertugas mengingatkan sesama teman untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan, dan mengurangi kegiatan di luar kelas. Satgas Cilik akan melaporkan kepada guru jika ditemukan peserta didik yang tidak mematuhi protokol kesehatan. 

"Semoga Satgas Cilik Covid-19 dapat menjadi ‘duta kesehatan’ untuk mengampanyekan perilaku hidup bersih, sehat dan disiplin prokes untuk mencegah penyebaran covid-19 pada saat pembelajaran tatap muka di sekolah,” ulasnya.

Selanjutnya, Mak Rini mendorong seluruh lembaga pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan Satgas Cilik Covid-19. Salah satunya dengan meningkatkan fungsi unit kesehatan  sekolah (UKS) di lembaga sekolah. “Saya juga mengimbau agar dilaksanakan kerja sama dengan puskesmas di masing-masing kecamatan untuk melakukan pembinaan kepada anak-anak kita," jelas Bupati Blitar.(*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.