Berita

BREAKING NEWS, Sabtu Siang Gunung Merapi Erupsi

Sabtu, 11 Maret 2023 - 14:42
BREAKING NEWS, Sabtu Siang Gunung Merapi Erupsi Suasana Gunung Merapi saat erupsi Sabtu (11/3/2023) siang. (FOTO: Twitter BPPTKG)

TIMES BLITAR, YOGYAKARTAGunung Merapi Yogyakarta kembali erupsi, Sabtu (11/3/2023) siang. Tepatnya, sekitar pukul 12.12 WIB.

Gunung Merapi yang berlokasi antara Kabupaten Sleman, DIY; Magelang, Jawa Tengah; dan Boyolali, Jawa Tengah tersebut mengeluarkan awan panas mengarah ke Kali Bebeng atau Kali Krasak.

Seorang sumber TIMES Indonesia, Bagus yang kebetulan sedang berwisata di Kawasan Wisata Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menerangkan, muntan awan panas terlihat jelas dimuntahkan dari atas bibir gunung teraktif di dunia tersebut. Kawasan Wisata Ketep Pass terletak di sisi Barat Gunung Merapi.

Selain itu, beberapa menit usai meletus, sejumlah warga yang tinggal di sisi Barat lereng Gunung Merapi tepatnya di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang mengabarkan telah terjadi hujan abu yang cukup pekat.

“Sudah hujan abu, tebal sekali,” kata seorang warga sambil memerekam abu yang berjatuhan di jalan yang viral di lini WhatsApp.

Kepala Balai Penyelidikan, Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Agus Budi Santoso menerangkan, awan panas yang berguguran dari Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 12.12 WIB hingga pukul 12.33 WIB. Awan panas mengarah ke Kali Bebeng atau Krasak.

“Kami sudah menyampaikan imbauan kepada warga agar segera menjauh dari lereng Gunung Merapi. Diperkirakan, abu awan panas sampai 7 kilo meter dari puncak gunung,” tandas Agus.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, BPPTKG Yogyakarta sudah berkoordinasi dengan instansi yang berwenang untuk berkoordinasi dengan para relawan agar masyarakat segera mengungsi ke tempat yang aman.

“Warga yang tinggal di zona berbahaya Gunung Merapi segera turun,” pinta Agus. (*)

Pewarta : A Riyadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.