Berita

Gempa Bumi di Kulon Progo Terasa Kuat hingga Pacitan

Jumat, 17 Maret 2023 - 18:01
Gempa Bumi di Kulon Progo Terasa Kuat hingga Pacitan Warga Kecamatan Pacitan panik dan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa bumi di Kulon Progo. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES BLITAR, PACITAN – Gempa Magnitudo 5,2 yang terjadi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta Jumat (17/3/2023) pukul 19:05:27 WIB malam terasa kuat hingga Pacitan, Jawa Timur. 

BMKG melalui cuitan resminya menuliskan, gempa barusan berada di lokasi 8.89 LS, 109.77 BT atau 126 kilometer barat daya Kulon Progo, DIY dengan kedalaman 10 meter bawah laut tidak berpotensi tsunami. 

Seorang warga Kecamatan Pacitan, Amrullah (34) yang hendak menunaikan ibadah shalat isya ke masjid sempat merasakan getaran gempa. 

"Kuat banget guncangannya, kaget," ujarnya. 

Senada dikatakan Sukarno (54), saat gempa bumi terjadi langsung keluar rumah lantaran panik dan khawatir. 

"Suara genteng dan atap kenceng banget, saya sampai lari keluar rumah," terangnya yang juga sempat panik. 

Gempa bumi di Kulonprogo ini juga terasa di Bantul, Trenggalek, Pacitan, Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Klaten, Ngawi, Magetan, Kediri, Karangkates, Nganjuk, Solo, Banjarnegara, Wonogiri, dan Wonosobo. 

BMKG sendiri melalui laman resminya menyarankan agar masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. 

Hingga berita ini ditulis, pihak BPBD Pacitan belum memberikan keterangan apakah ada kerusakan fasilitas pasca gempa bumi yang berpusat di kedalaman laut Kulon Progo tersebut. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.