Berita

Segera Daftar, Inilah 5 Beasiswa Indonesia dalam Negeri

Selasa, 06 Juni 2023 - 15:06
Segera Daftar, Inilah 5 Beasiswa Indonesia dalam Negeri Ilustrasi - Beasiswa Indonesia (FOTO: Net)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Bagi para lulusan yang hendak mencari beasiswa Indonesia dalam negeri maka saat ini merupakan waktu yang sangat pas. Pasalnya dengan update terbaru, beberapa jenis beasiswa telah resmi dibuka dan tentunya berlaku untuk beberapa jenjang tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Beasiswa merupakan bantuan yang diberikan siswa yang menempuh pendidikan baik di tingkat sarjana strata satu atau S1, atau bahkan S2. Beasiswa sendiri merupakan bentuk bantuan atau penghargaan, biasanya disalurkan kepada seseorang yang ingin menempuh pendidikan dengan keterbatasan ekonomi atau kepada seseorang yang memiliki prestasi.

Bentuk bantuan ini dapat berupa bantuan keuangan atau bantuan pendidikan khusus untuk meningkatkan skill atau kemampuan yang dimiliki. Bantuan program beasiswa Indonesia dalam negeri memiliki kriterianya sendiri untuk mendapatkan seseorang yang layak menerima program beasiswa tersebut.

Daftar 6 Beasiswa Indonesia Dalam Negeri Paling Terbaru

Setidaknya ada 6 daftar beasiswa dalam negeri yang telah dibuka saat ini oleh pemerintah atau bahkan swasta sebegai penyelenggara utama. Beberapa jenis beasiswa dibawah ini tentunya merupakan pilihan penting yang bisa dijadikan alternative dalam menempuh pendidikan tingkat tinggi.

Beasiswa Pemerintah Pusat

Jenis beasiswa Indonesia dalam negeri yang pertama adalah beasiswa pemerintah pusat. Dalam jenis ini pemerintah sebagai penyelenggara tunggal memiliki berbagai program beasiswa untuk semua calon mahasiswa baik S1, S2, Atau Bahkan S3.

Selanjutnya pemerintah menyalurkan beberapa pilihan program beasiswa kepada seluruh peserta melalui berbagai lembaga sebagai berikut,

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) RI

KEMENDIKBUDRISTEK RI

KEMENAG (Kementerian Agama) RI

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) RI

PUSBINDIKLATREN BAPPENAS RI

KOMINFO RI

BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)

BKN (Badan Kepegawaian Nasional)

APERTI BUMN

Semua jenis lembaga diatas masing-masing juga memiliki program beasiswa turunan dengan kualitas dan spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan keahlian dan konsentarasi masing-masing pendaftar. Jika tertarik untuk mendaftarkan diri pada jenis beasiswa dari pemerintah pusat maka bisa langsung mengunjungi laman masing-masing lembaga.

Beasiswa Pemerintah Daerah

Jenis beasiswa Indonesia dalam negeri yang kedua adalah beasiswa pemerintah daerah. Dalam jenis ini pemerintah daerah memiliki kewenangan sebagai penyelenggara tunggal untuk mendesain program beasiswa mulai dari jenjang S1, S2, Atau Bahkan S3.

Setidaknya ada beberapa program beasiswa dari pemerintah daerah paling popular saat ini. Dan bisa menjadi salah satu pilihan penting bagi semua calon pendaftar khususnya didaerah masing-masing. Program ini diantaranya adalah

PPNTB (Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB)

Pemerintah Jawa Barat

BPSDM Aceh

P4OP Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta

Pemerintah Kota Surabaya

BPSDM Papua

Jika pendaftar berada pada beberapa wilayah tersebut maka kesempatan untuk mendaftar diri dalam mengikuti semua program beasiswa Indonesia wajib untuk direalisasikan semaksimal mungkin. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa semua program disetiap daerah memiliki aturan dan prosedur masing-masing.

Beasiswa Korporasi

Jenis beasiswa Indonesia dalam negeri yang ketiga adalah beasiswa korporasi. Dalam jenis ini sebagai perusahaan yang ada dalam negeri maka korporasi kewenangan sebagai penyelenggara tunggal untuk mendesain program beasiswa mulai dari jenjang S1, S2, Atau Bahkan S3 dengan jumlah biaya cukup maksimal.

Di Indonesia saat ini ada beberapa korporasi yang tercatat aktif untuk memberikan beberapa jenis beasiswa kepada yang membutuhkan. Update terbaru beberapa korporasi tersebut adalah sebagai berikut,

PARAGON CORP

DATAPRINT

XL AXIATA

IDCLOUDSHOST

MUFG Bank Jakarta Branch

Bank CIMB

Bank Central Asia (BCA)

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bank Indonesia (BI)

DJARUM

Fair & Lovely

Semua korporasi diatas memberikan jaminan biaya selama proses menempuh pendidikan di perguruan tinggi tujuan. Beasiswa ini juga menarik untuk dipahami sebab banyak sekali peminat yang cukup tinggi dalam negeri dengan jaringan cukup luas.

Beasiswa Yayasan/Foundation

Jenis beasiswa Indonesia dalam negeri keempat dan telah resmi dibuka adalah beasiswa dari yayasan serta foundation. Sesuai dengan namanya maka pihak yayasan dengan jaringan luas di Indonesia memiliki kewenangan sebagai penyelenggara tunggal untuk mendesain program beasiswa mulai dari jenjang S1, S2, Atau Bahkan S3 dengan penawaran beragam.

Yayasan serta foundation di Indonesia yang tercatat aktif memberikan beasiswa tersebut diantaranya adalah,

Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa

Yayasan Beasiswa Jakarta

Yayasan Baitul Maal Muamalat

Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia

Sampoerna Foundation

Djarum Foundation

Eka Tjipta Foundation

Karya Salemba Empat (KSE)

TANOTO Foundation

Pertamina Foundation

BSI Mashlahat

Surya Edukasi Bangsa Foundation (Medcom ID)

Rumah Kepemimpinan

IZI (Inisiatif Zakat Indonesia)

LAZISMU

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Foundation

Yayasan Hadji Kalla

Sinergi Foundation

Hoshizora Foundation

Yayasan Desamind Indonesia

YBM PLN

Rumah Amal Salman

Karena banyaknya yayasan yang menyediakan beasiswa Indonesia dalam negeri sesuai dengan daftar diatas maka tidak ada alasan lagi bagi semua pihak yang ingin mencari kesempatan tersebut. Semua aksesnya bisa dapat dengan mudah dibuka sesuai dengan informasi dari laman utama setiap yayasan.

Beasiswa Perguruan Tinggi

Jenis beasiswa Indonesia dalam negeri terakhir dan telah resmi dibuka adalah beasiswa dari pihak perguruan tinggi. Dalam program ini pihak perguruan tinggi memang sejak awal telah menyediakan program beasiswa mulai dari jenjang S1, S2, Atau Bahkan S3 sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis perguruan tinggi di Indonesia yang konsisten memberikan beasiswa tersebut kepada semua calon mahasiswanya adalah sebagai berikut,

STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam) SEBI

Universitas Muhamadiyah Malang (UMM)

Universitas Indonesia

Universitas Brawijaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Universitas Padjajaran

Binus University

President University

Universitas Al-Azhar Indonesia

Universitas Pertamina

Universitas Terbuka

Universitas Trisakti

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas Pembangunan Jaya

UIN Syarief Hidayatullah Jakarta

Universitas Telkom

UHAMKA

PPM School of Management

Institut Teknologi Harapan Bangsa

Semua daftar perguruan tinggi baik negeri atau juga swasta diatas setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut jika peserta hendak mendaftarkan diri secara mandiri. Setiap perguruan tinggi tersebut memiliki berbagai program tersendiri sesuai dengan kebutuhan berdasarkan program studi atau bahkan prestasi calon mahasiswa.

Semua Jenis beasiswa Indonesia dalam negeri diatas patut kiranya disiapkan semaksimal mungkin dan segera melakukan pendaftaran sebelum terlambat. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.