Berita

Rusun Sentra Mulya Jaya; Bentuk Kolaborasi Kementerian PUPR RI-Kemensos RI

Jumat, 31 Maret 2023 - 16:57
Rusun Sentra Mulya Jaya; Bentuk Kolaborasi Kementerian PUPR RI-Kemensos RI Ilustrasi Rumah Susun Sentra Mulya Jaya di Jakarta Timur. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BLITAR, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) kembali berkolaborasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos RI) untuk meresmikan Rumah Susun Sentra Mulya Jaya (Rusun Sentra Mulya Jaya) di Jakarta Timur.

Rusun Sentra Mulya Jaya ini dibangun bagi Masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan telah dilengkapi dengan sejumlah prasarana dan fasilitas yang lengkap sehingga menjadi hunian yang layak huni bagi masyarakat PPKS.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan Rusun Sentra Mulya Jaya ini sebagai bentuk nyata kepedulian dan kehadiran pemerintah untuk seluruh lapisan masyarakat.

“Kementerian PUPR RI diberikan amanah dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembangunan Rusun ini. Tentunya kami sangat berharap agar bangunan yang didanai melalui APBN ini dapat sesegera mungkin melalui proses penghunian, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya melalui pemanfaatan dan pemeliharaan bangunan yang baik,” kata Iwan pada Peresmian Rusun Sentra Mulya Jaya di Jakarta, Jumat (31/3).

Pembangunan Rusun Sentra Mulya Jaya dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI di atas lahan seluas 21.843 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 8.367 meter.

Mensos-Risma.jpgMenteri Sosial RI Tri Rismaharini saat berdialog dengan penghuni Rusun Sentra Mulya Jaya (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Rusun tersebut dibangun setinggi lima lantai dengan total 93 unit yang terdiri atas 91 unit standar dan 2 unit difabel.

"Keseluruhan hunian merupakan tipe 24 meter persegi yang sudah  dilengkapi dengan meubelair. Sebagaimana layaknya rumah susun yang dibangun  oleh Kementerian PUPR RI yang lain, rusun ini juga telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas pendukung seperti perkerasan untuk sirkulasi, instalasi pengolahan limbah, instalasi air bersih beserta  lansekap taman dan komponen pendukung bangunan lainnya," jelas Iwan.

Pembangunan Rusun Sentra Mulya Jaya yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian PUPR RI dan Kementerian Sosial untuk masyarakat PPKS ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang layak, namun juga sekaligus berfungsi sebagai fasilitas bagi proses pemberdayaan masyarakat.  

"Setelah aset diserah terimakan, Kementerian PUPR RI juga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial selaku pemohon dan pengguna barang untuk mewujudkan tata kelola administrasi negara yang baik. Kami berharap agar proses serah terima barang miliki negara (BMN) Rusun Sentra Mulya Jaya di Jakarta ini dapat segera kita proses bersama-sama," jelas Iwan.

Prosesi Peresmian Rusun Sentra Mulya Jaya dilaksanakan oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini didampingi oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto dan anggota Komisi VIII DPR RI dengan menandatangani prasasti sekaligus pemotongan pita. Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan pula peninjauan unit serta para penghuni yang ada di dalam rusun tersebut.

Menteri Risma mengungkapkan, pembangunan Rusun ini sangat diperlukan oleh masyarakat PPKS agar mendapatkan hunian yang layak dan tidak tinggal di kawasan kumuh maupun kolong-kolong jembatan.

Kementerian Sosial juga telah melengkapi unit hunian dengan peralatan kebersihan, peralatan memasak, perpustakaan serta tempat bermain untuk anak-anak. Para penghuni juga mendapatkan pelatihan dan bantuan agar dapat memiliki usaha dan meningkatkan kesejahteraannya.

Menteri Risma menambahkan bahwa harga sewa rusun hasil kolaborasi Kementerian PUPR RI dan Kemensos RI ini sangat murah. Rusun ini sangat membantu untuk dijadikan tempat tinggal bagi masyarakat kurang mampu. "Yang penting adalah tidak boleh dipindahtangankan. Sebab, biaya sewanya sangat murah hanya Rp10 ribu per bulan sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya," tegasnya. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blitar just now

Welcome to TIMES Blitar

TIMES Blitar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.